Tengok.id – Asian Games 18 tahun 2018 sudah berada di penghujung jalan. Malam nanti, Minggu (2/9/2018), pesta olahraga empat tahunan terakbar di benua Asia yang menghabiskan anggaran sekitar Rp38,6 triliun itu akan resmi ditutup di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta.

Terhitung Senin (3/9/2018) esok, tak ada lagi keriuhan yang terjadi di aneka venue pertandingan di Jakarta, Palembang, dan beberapa kota di Jawa Barat dan Banten, sebagaima selama lebih dari dua pekan ini terjadi.

Baca: Indonesia Harus Perbaiki Cabor Olimpiade!

Selaku tuan rumah, Indonesia disebut banyak pihak memetik sukses luar biasa dari gelaran Asian Games 18 tahun 2018. Paling tidak, tiga dari empat sukses yang hendak dituju dari penyelenggaraan Asian Games 18, tercapai dengan predikat excelent. Yaitu sukses prestasi, sukses penyelenggaraan, dan sukses ekonomi kerakyatan.

Sedangkan sukses keempat yaitu sukses administrasi, tampaknya tak bisa dilihat secara langsung dan kasat mata serta sukar ditakar. Menurut Ketua Inasgoc Erick Thohir, sukses administrasi adalah sukses di dalam mengelola aspek keuangan negara yang bersih dan transparan. Tentu saja, perlu pengkajian dan pendalaman lebih lanjut untuk menilai apakah sukses administrasi juga tercapai seperti tiga sukses lainnya?

Bagaimana menurut pembaca?