Tengok.id-Parlemen Inggris mencatat sejarah karena untuk pertama kalinya, seorang anggotanya menggunakan Bahasa Indonesia saat sidang parlemen Inggris.

Bahasa Indonesia itu diucapkan dengan fasih oleh Richard Graham saat sidang pada Rabu (10/10/ 2018) waktu setempat. Richard Graham meminta kepada Perdana Menteri (PM) Inggris, Theresa May untuk menambah donasi bagi korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

Selain menjabat sebagai anggota parlemen, Graham juga mengemban jabatan sebagai Penasehat PM Inggris bidang perdagangan dengan Asean dan Indonesia.

Ketika menyampaikan pendapatnya Richard Graham sempat menggunakan kalimat dalam Bahasa Indonesia. Aksi Graham itu diposting di Instagram oleh Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Triawan Munaf.

Teman yang membantu saat dibutuhkan adalah teman sebenarnya. A friend in need is a friend indeed.…. ” kata Graham dalam video itu.

Video Graham itu mendapatkan tanggapan dari follower Triawan.

Bangga rasanya sebagai bangsa indonesia bahasa persatuan kuta bahasa indonesia mulai dihargai dan diucaokan pemimpin negara lain smoga bahasa kita suatu saat menjadi bahasa yng jg dipakai dalam bahasa pergaulan internasional smogavpak jokowi sukses dan terus membawa bahasa kita menjadi bahasapergaulan internasional,” tulis akun @ezi191

(baca:Kerusakan Listrik di Palu Donggala Lebih Parah Dibanding Lombok dan Aceh)

“Makanya bangsa Indonesia hrs bisa saling membantu bukannya sibuk membuat hoax..astaghfirullah.
.” ujar @lidya0176

Sementara itu, PM Inggris Theresa May mengatakan akan mengerahkan berbagai upaya bantuan untuk menolong korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

Kami turut berduka kepada mereka yang kehilangan keluarga dan kerabat. Kami tidak akan melupakan keluarga mereka dan memastikan untuk mendukung mereka, memulihkan luka, baik secara fisik dan mental,” ujar May dikutip dari media Inggris, Express.

Bagaimana menurut pembaca?