Tengok.id– Jagad media sosial twitter dihebohkan dengan pidato Presiden Joko Widodo. Hingga pukul 19.15 WIB bahasan mengenai pidato itu berada di posisi teratas.

Very powerful speech by Indonesian President @jokowi against #TradeWars, in favor of international cooperation. “We know how #GameOfThrones will end – no benefits for the losers nor for the winners”. Standing ovation at the plenary session of the #IMFWBAnnualMeeting2018,” tulis Duta Besar Belanda untuk Indonesia Rob Swartbol lewat akun twitternya @robswartbol

“Although given the standing ovation, @jokowi will still be an ordinary humble man, who works hard for #Indonesia and maintain good relationship with other countries. We’ll fight with him for the better Indonesia. Cause he makes us proud to be #Indonesian #GameOfThrones” tulis akun @Me_AYS

Bahkan HBO Asia televisi yang memutar serial itu mengunggah meme berwajah Jokowi namun berbadan Ned Stark, salah satu tokoh di ‘Game of Thrones’. Meme itu dilengkapi tulisan ‘Bersiaplah Musim Dingin akan Datang’.

(baca:Ini Faktor-faktor Kemenangan Joko Widodo)

“Yeah, kami juga tak sabar menanti season 8, Pak Presiden,” tulis HBO Asia, Jumat (12/10/2018).

Winter is Coming ayau ‘Musim Dingin akan Datang’ dikutip Presiden Joko Widodo saat memberi sambutan di acara Plenary Meeting International Monetary Fund (IMF) – World Bank di Nusa Dua, Bali.

Mantan Walikota Solo itu mengingatkan kepada seluruh pejabat dunia yang hadir dalam acara IMF-World Bank (WB)tahun 2018 untuk mewaspadai fenomena baru yang mengancam ekonomi. Ancaman itu, menurutnya datang setelah para pemangku kebijakan di dunia berhasil menyelamatkan ekonomi dari krisis keuangan.

Jokowi menyebutkan laporan dari Christine Lagarde yang mengatakan ekonomi negara masih dibayangi perbaikan data ekonomi Amerika Serikat (AS). Ekonomi saat ini seperti winter is coming, episode awal dari serial Game of Thrones.

Perang dagang semakin marak dan inovasi teknologi mengakibatkan banyak industri terguncang, negara-negara yang tengah tumbuh sedang mengalami tekanan pasar yang besar, dengan banyak masalah perekonomian dunia sudah cukup kita mengatakan bahwa winter is coming,” terang Jokowi di Nusa Dua Hall, Bali.

Game of Thrones adalah sebuah serial televisi drama fantasi Amerika yang dibuat untuk HBO oleh David Benioff dan D. B. Weiss sebagai showrunner dan penulis utama. Serial ini adalah adaptasi dari A Song of Ice and Fire, sebuah novel serial fantasi karya George R. R. Martin, yang edisi pertamanya berjudul A Game of Thrones.
Difilmkan di sebuah studi Belfast dan lokasi pengambilan gambarnya dilakukan di Irlandia Utara, Malta, Skotlandia, Kroasia, Islandia, Amerika Serikat, Spanyol dan Maroko, serial tersebut tayang perdana di HBO di Amerika Serikat pada 17 April 2011, dan musim ketujuh berakhir pada tanggal 27 Agustus 2017. Serial ini akan berakhir pada musim kedelapan pada 2018 atau 2019.

‘Game of Thrones’ sendiri dikenal dengan kisah-kisah pertarungan maupun perebutan kekuasaan di antara 9 klan besar yang menjadi poros cerita serial pemenang Emmy Awards.  Serial televisi Game of Thrones (GoT) selalu menarik perhatian penggemarnya atas segala kemungkinan yang terjadi dalam cerita tersebut.

Bagaimana menurut pembaca?