Tengok.id, Kuala Lumpur – Laga perempat final Piala Asia U-16 antara Indonesia U-16 melawan Australia U-16 akan digelar di Stadion Bukit Jalil, Senin (1/10/2018) sore WIB. Laga ini akan menjadi penentuan apakah pasukan Garuda Asia (julukan Indonesia U-16) mampu mencapai targetnya atau gagal.

Australia adalah salah satu tim kuat di turnamen ini, ditambah Indonesia pernah bertemu dengan Australia dengan menelan kekalahan 3-7 di Piala AFF U-15 (13 Juli 2017). Walau begitu, pasukan Fakhri Husaini tidak minder dengan pertemuan menyakitkan itu, tapi justru karena hal itulah para pemain Indonesia lebih bersemangat untuk bisa lolos ke babak berikutnya.

“Saya mencoba mengendalikan itu supaya tidak menjadi bumerang kepada tim. Mereka harus menghormati lawan, tetapi tak perlu khawatir apalagi sampai minder,” kata pelatih asal Aceh itu.

Ia menyadari tanpa taktik yang apik, Indonesia sulit menaklukkan Australia yang bermain rapi baik di pertahanan dan penyerangan. Bahkan, ketangguhan mental tim yang ditangani Trevor Morgan sudah terbukti di turnamen ini.

Baca: Ketum PSSI Tak Keberatan Sepakbola Dibubarkan

Mereka mampu bangkit dari keterpurukan laga pertama Grup D ketika kalah 0-3 dari Korea Selatan, dengan berhasil meraih 6 poin dari laga melawan Irak dan Afghanistan. Dengan begitu mereka layak menempati posisi kedua Grup D dibawah Korsel.

Walau sudah terbukti mental para pemain Australia U16, bukan berarti mereka tidak mempunyai titik kelemahan. Mereka kerap kehilangan bola ketika pemainnya diberikan tekanan atau press ketat dan memberikan ruang kosong ketika menyerang.

“Bagus kalau kami bisa memanfaatkan daerah kosong di pertahanan Australia. Para pemain kami harus kreatif di lapangan karena hampir semua tim sudah mengetahui bagaimanan kami berlaga,” kata Fakhri.

Fakhri akan tetap menurukan Komang Teguh Trisnanda dan Fadilah Nur Rahman sebagai bek tengah, dan ditopang Mochamad Yudha dan Amiruddin Bagas selaku bek sayap kiri-kanan. Keempat pemain ini diharapkan mampu meredam ketangguhan serangan Australia, terutama dari sektor sayapnya.

Bagaimana menurut pembaca?