Tengok.id, Jakarta – Guna meminimalisir terjadinya insiden kebakaran sekaligus menerapkan nihil kecelakaan (zero accident), Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Jakarta melaksanakan latihan penanggulangan kebakaran (PEK) di Dermaga Beaching, Mako Kolinlamil, Jumat (14/9/2018).

Latihan ini merupakan program kerja staf operasi Satlinlamil Jakarta triwulan III tahun 2018. Diikuti prajurit Satlinlamil Jakarta dari unsur KRI yang sedang sandar di dermaga kolinlamil maupun staf.

Latihan yang diikuti 30 personel tersebut dilaksanakan langsung di lapangan baik materi yang bersifat teori maupun praktik dengan instruktur Mayor Laut (P) Didik Budiadi (Kepala terminal Satlinlamil Jakarta), Kapten Laut (T) Adi Wibowo (Perwira Divisi MPK) KRI Nusanive 973 dan Letda Laut (E) Bagus Hadi (Perwira Divisi Elektronik) KRI Teluk Hading 538.

(baca: Prajurit Satlinlamil Surabaya Ikuti Pelatihan Manajemen Stress)

Dalam rilis Dispen Kolinlamil yang diterima redaksi tengok.id, latihan PEK bertujuan untuk melatih prajurit Satlinlamil Jakarta khususnya yang berdinas di KRI agar memiliki kesiapan dan keyakinan diri baik secara teknis maupun kemampuan secara individual dan kelompok dalam pelaksanaan tugas di lapangan.

Dengan diadakannya latihan tersebut, diharapkan prajurit yang berdinas di KRI dapat menanggulangi setiap kemungkinan yang dapat terjadi dalam penugasan sesuai aturan yang berlaku dengan meminimalkan kerugian.

Menurut Pasops Satlinlamil Jakarta Letkol Laut (P) Erwin Baharudin sebagai penanggungjawab, latihan PEK dilaksanakan untuk menguji wawasan dan keterampilan serta melatih kehandalan, kecepatan dalam bertindak serta ketanggap-segeraan prajurit KRI dalam menghadapi situasi yang genting untuk menghadapi peristiwa darurat yang sewaktu-waktu dapat terjadi di lingkungan kerja pada saat melaksanakan operasi dengan menerapkan zero accident.***

Bagaimana menurut pembaca?