Tengok.id, Palu – Menteri Perhubungan Budi Karya menegaskan tidak ada penerbangan gratis dari Bandara Mutiara Palu Sis Aljufri Palu. Kementerian Perhubungan juga sudah berkoordinasi dengan Panglima TNI bahwa tidak ada penerbangan gratis.

Menurut Budi, bandara Mutiara Sis Aljufri Palu menjadi satu pintu gerbang keluar masuk Palu, baik untuk evakuasi dan penyaluran bantuan gempa. Karena situasi yang sedang ramai di bandara terkait bantuan gempa, banyak beredar informasi adanya penerbangan gratis bagi para korban gempa.

Akibat dengan keterbatasan akses dan logistik menjadikan warga Palu berbondong-bondong ke bandara, ada yang ingin meninggalkan Palu atau yang ingin mendapatkan bantuan.

“Saya sudah koordinasi dengan Panglima TNI dan dinyatakan tidak ada penerbangan gratis dari Bandara Mutiara,” tegas Menhub di kantornya, Rabu (3/10/2018).

BacaIni Penyebab Tsunami Besar di Wilayah Palu

Menurutnya, penerbangan yang dilakukan di Bandara Mutiara adalah penerbangan kemanusiaan yang diutamakan bagi para relawan atau warga yang sakit dan butuh penanganan.

“Jadi Bandara Mutiara itu full untuk penerbangan koemrsial dan kegiatan kemanusiaan,” katanya.

Sebelumnya, meski penerbangan komersial telah berjalan, sementara terminal bandara belum bisa digunakan maksimal, Menhub  memastikan semua kemanan dan keselamatan tetap diutamakan.

Seperti kemungkinan banyaknya masyarakat yang ramai-ramai ke bandara untuk meinggalkan Palu atau berebutan meminta bantuan. Kondisi agar tetap kondusif terus dilakukan pihaknya.

“Memang kita upayakan legitimasi bandara yang punya unsur safety harus kita jaga. Airside tidak boleh ada orang yang tidak berkepentingan. Kami pastikan mulai hari ini akan berlangsung baik. Kami bersama TNI dan Polri akan terus koordinasi,” ujar Menhub.

Bagaimana menurut pembaca?