Tengok.id, Jakarta — Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merilis jumlah korban tewas akibat gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah, memasuki hari ke-5 menjadi 1.234 jiwa.  Rilis jumlah korban jiwa disampaikan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo kepada awak media, Selasa (2/10/2018), di Gedung BNPB.

Menurut Sutopo,  sebanyak 799 orang mengalami luka berat dan kini korban luka sudah dirawat di rumah sakit.  Informasi tersebut dihimpun berdasarkan data dari BNPB, hingga Selasa (2/10/2018) pada pukul 13.00 WIB, sejak gempa terjadi pada Jumat (28/9/2018).

“Korban meninggal dunia disebabkan gempa terutama karena tertimpa reruntuhan bangunan dan tersapu tsunami,” ujar Sutopo.

BacaTelkomsel Berikan Layanan Telepon dan Internet Gratis di Palu

Korban meninggal berasal dari Palu, Donggala, Parigi Moutong, dan Sigi. Namun pihaknya sulit untuk merinci jumlah korban tewas di tiap daerah, karena jenazah langsung dibawa ke rumah sakit begitu ditemukan

Sebagian korban sudah dimakamkan pada Senin (1/10/2018). Dan pemakaman massal juga akan dilakukan hari ini. Seluruh jenazah diidentifikasi terlebih dulu sebelum dimakamkan.

 

 

Bagaimana menurut pembaca?