Jakarta, Tengokberita.com – Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) menyesalkan keputusan pemerintah pusat yang mencabut moratorium reklamasi Teluk Jakarta. Karena dampak burukya lebih besar dibandingkan dengan keuntungan investinya.

Kepada Tengokberita.com Manajer Kampanye Pesisir, Laut, dan Pulau Kecil Walhi Ony Mahardika menyebutkan setidaknya ada tiga hal yang akan menjadi persoalan jika reklamasi Teluk Jakarta dilanjutkan.

Pertama, reklamasi akan menimbulkan banyak masalah baru, bagi masyarakat yang hidup dan tinggal bertahun-tahun di seputar lokasi reklamasi.

Kedua, reklamasi Teluk Jakarta akan menimbulkan banyak masalah secara ekosistem perairan dan mengganggu pola arus di Laut Jakarta. Dan, ketiga adalah munculnya potensi lebih besar terhadap bencana ekologi di kawasan pesisir Teluk Jakarta.

Reklamasi teluk Jakarta memiliki dampak jangka panjang dan jangka pendek. Tak hanya berdampak pada lingkungan melainkan juga terhadap masyarakat sekitar,” ujar dia belum lama berselang.

Selain itu, proyek ini juga membendung 13 aliran sungai yang mengalir kelaut sehingga potensi ancaman banjir di wilayah Jakarta cukup besar. (nug/rot)

Bagaimana menurut pembaca?