Tengok.id – Cabang Olahraga atletik menargetkan tiga medali emas pada kejuaraan Asian Para Games (APG) 2018 yang digelar di Jakarta, Indonesia, 6 – 13 Oktober 2018.

Pelatih Altic National ParalympIc Commitee (NPC) Purwo Adi Sanyoto mengatakan, pihaknya menargetkan tiga medali emas di Asia Para Games 2018.

“Saat ini target sementara tiga emas dulu. Mudah-mudahan bisa menyabet lebih dari target yang diinginkan,” kata Purwo saat dihubungi Tengok.id melalui sambungan telepon, Jakarta, Senin (1/10/2018).

Purwo menjelaskan, sampai saat ini kondisi para atlet 100 persen siap menghadapi pertandingan. Mereka hanya tinggal menjaga kondisi fisik agar tetap prima.

“Kondisi seluruh atlet sudah siap bertanding. Mereka hanya menjaga fisik saja agar tidak mudah drop. Karena materi teknik sudah diberikan semua kepada seluruh atlet,” tuturnya.

Kendati demikian, seluruh pemain sudah menjalani try out selama 10 hari di Beijing, China. “Sepuluh hari kami di kejuaraan China Open di Beijing, empat hari tanding. Saya hanya ingin melihat seberapa jauh kemampuan mereka selama menjalani latihan,” ujarnya.

Purwo menjelaskan negara China merupakan lawan terberat di Asian Para Games nanti. Karena, mereka memiliki para atlet selevel Paralympic (olimpiade bagi para penyandang disabilitas).

“Musuh terberat sama seperti cabor lainnya yakni China, mereka memiliki atlet yang sekelas Paralympic dan memiliki segudang pengalaman,” jelasnya.

Baca: Kehilangan Satu Kaki, Jendi Pangabean Berprestasi di Renang

Akan tetapi, Purwo merasa optimis atlet atletik mampu meraih hasil terbaik, mengingat tampil sebagai tuan rumah di Asian Para Games.

“Kami optimis para atlet bisa tampil lebih baik, karena kita menjadi tuan rumah dan main di rumah sendiri. Hal itu menjadi motivasi kami,” lanjutnya.

Adapun sebanyak 45 atlet yang bakal ikut serta di 16 klasifikasi yang diikuti cabang olahraga atletik. Klasifikasi terdiri dari tuna netra, tuna daksa, tuna grahita, sama celebral palsy (CP).

Berikut daftar pemain yang diturunkan pada ajang kejuaraan Asian Para Games 2018:
1. Doni Julianto
2. Jaenal Arifin
3. Nanda Mei Sholihah
4. Eko Saputra
5. Endi Nurdin Tine
6. Nur Feri Pradana
7. Susan Unggu
8. Agustinus Tinabella
9. Timin
10. Abraham Elopere
11. Ni Made Arianti Putri
12. Aldino Waldi
13. Putri Aulia
14. Rica Oktavia
15. Rizal Bagus Saktiyono
16. Ratno
17. Mulyono
18. Muhammad Agung Laksana
19. Nasrodin
20. Elvin Elhudia Sesa
21. Erens Sabandar
23. Setyo Budi Hartanto
24. Rasyidi
25. Tiwa
26. Wagiyo
27. Felipus Kolymau
28. Saptoyoga Purnomo
29. Endang Sari Sitorus
30. Abdul Halim Dalimunte
31. Inshan Nurhaida
32. Maria Goreti Samiyati
33. Wahyu Nur Saputri
34. Kharisma Evi Thiarani
35. Sutarno
36. Ahmad Fauzi
37. Yohanes Bili
38. Yahya
39. Riadi Saputra
40. Warmia
41. Famini
42. Suparniati
43. Seriwati Kamariah
44. Fauzi Purwo Laksono
45. Alan Sastra Ginting.***

Bagaimana menurut pembaca?